BB30423R milik dipo Jember, salah satu BB304 yang pertama kali "dihidupkan lagi" setelah lama "mati" di BY Pengok dengan mesin baru dari produsen lokomotif Bombardir (Eropa) |
Sekilas BB304 serupa dengan BB301, hanya yang membedakan jaring ventilasinya berbentuk 6 segiempat, dan pangkal gardan penggerak diantara boginya terlihat jelas.
Alokasi lokomotif ini banyak terdapat di dipo Tanah Abang, Jember, dan Bandung
Spesifikasi teknis BB301
Identitas Produksi
Kode model loko___: M1500BBDimensi
Desain angkutan___: universal (barang dan penumpang)
Lebar sepur_______: 1067 mmMesin dan converter
Panjang bodi______: 11770 mm
Jarak coupler_____: 13380 mm
Lebar bodi_______: 2800 mm
Tinggi bodi_______: 3660 mm
Jarak gandar______: 2200 mm
Jarak pivot_______: 6000 mm
Diameter roda traksi: 904 mm
Diameter roda idle__: - mm
Tinggi coupler_____: 760 mm
Berat kosong______: 48 ton
Berat siap________: 52 ton
Berat Adhesi______: 52 ton
Tipe mesin________: MTU-MD 12V 583 TB10, (BB30423R : - )Kemampuan
Jenis____________: 4 tak
Daya output_______: 1550 hp, (BB30123R : 1810 hp)
Daya ke converter__: 1410 hp
Jumlah converter___: 1
Tipe converter_____: Voith L720 rU2
Rasio roda gigi_____: -
Kecepatan maksimum: 120 kmhKapasitas
Adhesi maksimum___: 10920 Kgf
Kecepatan kontinu__: 20 kmh
Radius terkecil_____: 80 m
Bahan bakar______: 2000 lt, HSDSistem rem
Pelumas mesin____: 300 lt
Pelumas transmisi__: 450 lt
Radiator_________: 840 lt
Pasir____________: 300 lt
Tipe sistem rem___: Knorr VV 450/150-10
Referensi: "LOKOMOTIF DAN KERETA REL DIESEL DI INDONESIA edisi 2 (Ir. Hartono AS, MM)"
No comments:
Post a Comment
Ada pertanyaan, keluhan, sanggahan, kritik, atau pesan-pesan lainnya, tinggalkan komentar Anda dibawah ini. Terima kasih