Friday 13 July 2012

BB 304

BB30423R milik dipo Jember, salah satu BB304
yang pertama kali "dihidupkan lagi" setelah
lama "mati" di BY Pengok dengan mesin baru dari
produsen lokomotif Bombardir (Eropa)
BB304 merupakan lokomotif diesel-hidrolik kelima dalam keluarga tipe lokomotif 'BB' dan merupakan lokomotif DH ketiga yang dibeli dari produsen lokomotif, Fried Krupp, Jerman. Lokomotif yang hampir 70 % spesifikasi fisiknya (eksterior) sama dengan BB301 ini, dibeli oleh PJKA sebanyak 25 unit yang terbagi 2 tahap, yaitu tahun 1976 untuk nomor 01-11 dan tahun 1984 untuk nomor 12-25.

Sekilas BB304 serupa dengan BB301, hanya yang membedakan jaring ventilasinya berbentuk 6 segiempat, dan pangkal gardan penggerak diantara boginya terlihat jelas.

Alokasi lokomotif ini banyak terdapat di dipo Tanah Abang, Jember, dan Bandung

Spesifikasi teknis BB301

Identitas Produksi
Kode model loko___: M1500BB
Desain angkutan___: universal (barang dan penumpang)
Dimensi
Lebar sepur_______: 1067 mm
Panjang bodi______: 11770 mm
Jarak coupler_____: 13380 mm
Lebar bodi_______: 2800 mm
Tinggi bodi_______: 3660 mm
Jarak gandar______: 2200 mm
Jarak pivot_______: 6000 mm
Diameter roda traksi: 904 mm
Diameter roda idle__: - mm
Tinggi coupler_____: 760 mm
Berat kosong______: 48 ton
Berat siap________: 52 ton
Berat Adhesi______: 52 ton
Mesin dan converter
Tipe mesin________: MTU-MD 12V 583 TB10, (BB30423R : - )
Jenis____________: 4 tak
Daya output_______: 1550 hp, (BB30123R : 1810 hp)
Daya ke converter__: 1410 hp
Jumlah converter___: 1
Tipe converter_____: Voith L720 rU2
Rasio roda gigi_____: -
Kemampuan
Kecepatan maksimum: 120 kmh
Adhesi maksimum___: 10920 Kgf
Kecepatan kontinu__: 20 kmh
Radius terkecil_____: 80 m
Kapasitas
Bahan bakar______: 2000 lt, HSD
Pelumas mesin____: 300 lt
Pelumas transmisi__: 450 lt
Radiator_________: 840 lt
Pasir____________: 300 lt
Sistem rem
Tipe sistem rem___: Knorr VV 450/150-10




Referensi: "LOKOMOTIF DAN KERETA REL DIESEL DI INDONESIA edisi 2 (Ir. Hartono AS, MM)"


No comments:

Post a Comment

Ada pertanyaan, keluhan, sanggahan, kritik, atau pesan-pesan lainnya, tinggalkan komentar Anda dibawah ini. Terima kasih