Friday 13 July 2012

BB 203

BB20326 alokasi di pulau Jawa, berdinas KA barang
BB203 merupakan lokomotif jenis diesel-elektrik kelima yang dibeli PJKA. Dibuat dan mulai didinaskan pada tahun 1978 oleh pabrik General Electric (GE) Amerika, BB203 merupakan kembaran dari CC201. Namun BB203 sedikit berbeda dari CC201, yaitu spesifikasi daya mesin yang hanya 1500 hp dan jumlah gandar yang bertraksi motor hanya 4 gandar, sedangkan komponen yang lain persis sama dengan CC201, mulai tipe mesin hingga desain bodi dan spesifikasi bogi (hanya gandar roda yang tengah tanpa traksi motor).


Tahun 1978, PJKA membeli 11 unit loko BB203 dengan nomor 01-11, kemudian membeli lagi 39 unit pada 1983 dengan nomor 12-41, dan yang terakhir PJKA membeli 17 unit pada 1985 dengan nomor 42-59.

Lokomotif ini memiliki susunan gandar yang sama dengan BB200/201/202, yaitu A1A-A1A untuk menyesuaikan antara berat lokomotif dengan spesifikasi tekanan gandar yang masih kecil pada saat itu (13,5 ton), di lintasan yang dilalui dengan lokomotif BB203. Namun seiring perkembangan zaman, spesifikasi kekuatan tekanan gandar jalan rel ditingkatkan menjadi 14 ton untuk pulau Jawa dan 18 ton untuk Sumatera (lebih besar 4 ton di Sumatera, karena jenis angkutan KA disana lebih fokus ke angkutan batubara, yang lebih membutuhkan jumlah gerbong yang lebih banyak untuk mengangkut batubara yang lebih banyak), sebagian besar loko BB203 dimodifikasi menjadi CC201 dengan menyetel ulang daya mesin menjadi 1950 hp, mengganti bullgear-nya yang sama dengan CC201 yang diset untuk kecepatan daripada torsi, dan menambahkan 2 traksi motor di boginya. Ciri-ciri CC201 hasil modifikasi atau repowered dari BB203 adalah memiliki kode 'R' di akhir plat nomornya, yaitu pada CC201 73R-89R dan CC201 111R-144R.

Pada tahun-tahun awal dinasnya BB203 tersebar alokasinya di pulau Jawa dan Sumatera, namun setelah dimodifikasi menjadi CC201, BB203 yang tersisa tinggal 6 unit yang kesemuanya berada di dipo induk Kertapati (KPT).


Spesifikasi teknis BB202

Identitas Produksi
Kode model loko___: U18AIA
Desain angkutan___: universal (barang dan penumpang)
Dimensi
Lebar sepur_______: 1067 mm
Panjang bodi______: 14134 mm
Jarak coupler_____: 15214 mm
Lebar bodi_______: 2642 mm
Tinggi bodi_______: 3636 mm
Jarak gandar______: 3505 mm
Jarak pivot_______: 7680 mm
Diameter roda traksi: 914 mm
Diameter roda idle__: 914 mm
Tinggi coupler_____: 770 mm
Berat kosong______: 76 ton
Berat siap________: 81 ton
Berat Adhesi______: 56 ton
Mesin dan converter
Tipe mesin________: GE 7FDL8
Jenis____________: 4 tak, turbocharger
Daya output_______: 1500 hp
Daya ke converter__: 1380 hp
Jumlah traksi motor_: 4
Tipe traksi motor___: D-29, DC
Rasio roda gigi_____: 93:18
Tipe converter_____: D-29, DC
Kemampuan
Kecepatan maksimum: 90 kmh
Adhesi maksimum___: 16464 Kgf
Kecepatan kontinu__: - kmh
Radius terkecil_____: 56,7 m
Kapasitas
Bahan bakar______: 3028 lt, HSD
Pelumas mesin____: 984 lt
Radiator_________: 682 lt
Pasir____________: 510 lt
Sistem rem
Tipe sistem rem___: udara tekan, dinamik, parkir
Tipe kompresor___: WBO, Gardner Denver




Referensi: "LOKOMOTIF DAN KERETA REL DIESEL DI INDONESIA edisi 2 (Ir. Hartono AS, MM)"

No comments:

Post a Comment

Ada pertanyaan, keluhan, sanggahan, kritik, atau pesan-pesan lainnya, tinggalkan komentar Anda dibawah ini. Terima kasih