Friday 13 July 2012

BB 202

BB20205 di stasiun Tanjung Karang
BB202 merupakan lokomotif jenis diesel-elektrik keempat yang dibeli PJKA dan merupakan lokomotif generasi ketiga yang dibuat oleh pabrik General Motor ElectroMotive Diesel (GM-EMD) Amerika untuk PJKA. Dengan jumlah sarana hanya 8 unit, lokomotif ini dibuat dan mulai didinaskan pada tahun 1968 untuk nomor 01-03 dan 1971 untuk nomor 04-08, di pulau Sumatera dengan alokasi di dipo induk Kertapati.

Lokomotif BB202, sama seperti kedua pendahulunya, BB200 dan BB201, memiliki 1 kabin masinis dan 1 meja kendali. Namun posisi kabin masinis BB202 lebih ke ujung dan tidak memiliki shorthood, sehingga menjadi ciri khas tersendiri yang hanya ada di Sumatera. Tentu lokomotif ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki BB200 dan BB201, yaitu jarak pandang masinis kearah depan lebih luas.

Masih 1 garis generasi dengan BB200 dan BB201, BB202 memiliki susunan gandar yang sama, A1A-A1A, yang berarti 2 gandar bermotor traksi di masing-masing bogi mengapit 1 gandar idle di tengah bogi. Gandar roda idle berfungsi untuk menopang berat total lokomotif agar sesuai dengan spesifikasi tekanan gandar jalan rel yang saat itu masih rendah.


Spesifikasi teknis BB202

Identitas Produksi
Kode model loko___: G18U6
Desain angkutan___: universal (barang dan penumpang)
Dimensi
Lebar sepur_______: 1067 mm
Panjang bodi______: 11582 mm
Jarak coupler_____: 12900 mm
Lebar bodi_______: 2965 mm
Tinggi bodi_______: 3725 mm
Jarak gandar______: 3200 mm
Jarak pivot_______: 6090 mm
Diameter roda traksi: 1016 mm
Diameter roda idle__: 889 mm
Tinggi coupler_____: 770 mm
Berat kosong______: 62 ton
Berat siap________: 65 ton
Berat Adhesi______: 44 ton
Mesin dan converter
Tipe mesin________: EMD
Jenis____________: 2 tak, blower
Daya output_______: 1100 hp
Daya ke converter__: 1000 hp
Jumlah traksi motor_: 4
Tipe traksi motor___: GM D-29, DC
Rasio roda gigi_____: 2:15
Tipe converter_____: GM D-25, DC
Kemampuan
Kecepatan maksimum: 100 kmh
Adhesi maksimum___:9240 Kgf
Kecepatan kontinu__: 20 kmh
Radius terkecil_____: 100 m
Kapasitas
Bahan bakar______: 1893 lt, HSD
Pelumas mesin____: 492 lt
Radiator_________: - lt
Pasir____________: 250 lt
Sistem rem
Tipe sistem rem___: udara tekan, dinamik, parkir
Tipe kompresor___: WBO, Gardner Denver




Referensi: "LOKOMOTIF DAN KERETA REL DIESEL DI INDONESIA edisi 2 (Ir. Hartono AS, MM)"

No comments:

Post a Comment

Ada pertanyaan, keluhan, sanggahan, kritik, atau pesan-pesan lainnya, tinggalkan komentar Anda dibawah ini. Terima kasih