Tuesday 25 October 2011

ResJarkom: Sistem dan Konversi Bilangan


Sistem Bilangan
Suatu sistem bilangan terdiri dari:
n  Basis (base/radix) : Angka terbesar yang 
                                                digunakan dalam sistem  bilangan.
n  Absolut Value    : Digit yang berbeda.
n  Position Value   : perpangkatan dari basis-nya.
Macam-macam sistem bilangan

Konversi Radiks-r ke Desimal
 Contoh:
n  11012 = 1´23  +  1´22  +  1´20
              = 8 + 4 + 1 =  1310
n  5728  = 5´82  +  7´81  +  2´80
             = 320 + 56 + 16 =  39210
n  2A16 = 2´161  + 10´160
            = 32 + 10 = 4210
Konversi Desimal ke Biner
 Konversi bilangan desimal bulat ke bilangan Biner: Gunakan pembagian dgn 2 secara suksesif sampai sisanya = 0. Sisa-sisa pembagian membentuk jawaban, yaitu sisa yang pertama akan menjadi least significant bit (LSB) dan sisa yang terakhir menjadi most significant bit (MSB).
 Contoh: Konersi 17910  ke biner:
  179 / 2 = 89 sisa 1   (LSB)
            / 2 = 44 sisa 1
                / 2 = 22 sisa 0
                    / 2 = 11 sisa 0
                      / 2 = 5 sisa 1
                          / 2 = 2 sisa 1
                             / 2 = 1 sisa 0
                                / 2 = 0 sisa 1 (MSB)
      Þ  17910  =  101100112
                               
                         MSB        LSB
Konversi Desimal ke Oktal
 Konversi bilangan desimal bulat ke bilangan oktal: Gunakan pembagian dgn 8 secara suksesif sampai sisanya = 0. Sisa-sisa pembagian membentuk jawaban, yaitu sisa yang pertama akan menjadi least significant bit (LSB) dan sisa yang terakhir menjadi most significant bit (MSB).
 Contoh: Konversi 17910  ke oktal:
     179 / 8 = 22 sisa 3   (LSB)
                    / 8 = 2 sisa 6
                            / 8 = 0 sisa 2 (MSB)
     Þ  17910  =  2638
                            
                      MSB   LSB 
Konversi Desimal ke Heksadesimal
 Konversi bilangan desimal bulat ke bilangan hexadesimal: Gunakan pembagian dgn 16 secara suksesif sampai sisanya = 0. Sisa-sisa pembagian membentuk jawaban, yaitu sisa yang pertama akan menjadi least significant bit (LSB) dan sisa yang terakhir menjadi most significant bit (MSB).
 Contoh: Konversi 17910  ke hexadesimal:
 179 / 16 = 11 sisa 3   (LSB)
   / 16 = 0 sisa 11 (dalam bilangan hexadesimal berarti B) MSB
    17910  =  B316
         MSB  LSB 
Konversi Biner ke Oktal
Untuk mengkonversi bilangan biner ke bilangan oktal, lakukan pengelompokan 3 digit bilangan biner dari posisi LSB sampai ke MSB
Contoh: konversikan 101100112 ke bilangan oktal
Jawab : 10  110  011
             2      6     3
 Jadi 101100112 = 2638
Konversi Oktal ke Biner
Sebaliknya untuk mengkonversi Bilangan Oktal ke Biner yang harus dilakukan adalah terjemahkan setiap digit bilangan oktal ke 3 digit bilangan biner
 Contoh Konversikan 2638 ke bilangan biner.
 Jawab:  2       6      3
           010   110   011
 Jadi 2638 = 0101100112 Karena 0 didepan tidak ada artinya kita bisa menuliskan 101100112
Konversi Biner ke Heksadesimal
Untuk mengkonversi bilangan biner ke bilangan hexadesimal, lakukan pengelompokan 4 digit bilangan biner dari posisi LSB sampai ke MSB
 Contoh: konversikan 101100112 ke bilangan heksadesimal
 Jawab : 1011  0011
                B       3
 Jadi 101100112 = B316
Konversi Heksadesimal ke Biner
Sebaliknya untuk mengkonversi Bilangan Hexadesimal ke Biner yang harus dilakukan adalah terjemahkan setiap digit bilangan Hexadesimal ke 4 digit bilangan biner
 Contoh Konversikan B316 ke bilangan biner.
 Jawab:  B       3
          1011   0011
      Jadi B316 = 101100112

Thursday 20 October 2011

Coding PV: Asuransi (errorProvider)

Public Class Form1
    Dim st As String
    Dim inz(0, 6) As String
    Dim ii As Integer = 0
    Dim jml As Integer
    Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
        cek()
        simpandata()
        hitung()
        tampilan()
        bersih()

    End Sub
    Private Sub bersih()
        TextBox1.Text = ""
        TextBox2.Text = ""
        TextBox4.Text = ""
        ComboBox1.Text = ""
        RadioButton1.Checked = False
        RadioButton2.Checked = False
    End Sub
    Private Function cek()
        If RadioButton1.Checked = True Then
            st = "Baru"
        ElseIf RadioButton2.Checked = True Then
            st = "Perpanjangan"
        End If
        Return st
    End Function
    Private Sub tampilan()
        ListView1.Items.Add(TextBox1.Text)
        ListView1.Items(ListView1.Items.Count - 1).SubItems.Add(TextBox2.Text)
        ListView1.Items(ListView1.Items.Count - 1).SubItems.Add(ComboBox1.Text)
        ListView1.Items(ListView1.Items.Count - 1).SubItems.Add(TextBox4.Text)
        ListView1.Items(ListView1.Items.Count - 1).SubItems.Add(st)
        ListView1.Items(ListView1.Items.Count - 1).SubItems.Add(jml)

    End Sub
    Private Sub simpandata()
        inz(ii, 0) = TextBox1.Text
        inz(ii, 1) = TextBox2.Text
        inz(ii, 2) = ComboBox1.Text
        inz(ii, 3) = TextBox4.Text
        inz(ii, 4) = st
        inz(ii, 5) = jml
        ii = ii + 1
        ReDim inz(1, 6)
    End Sub
    Private Sub isicombo()
        ComboBox1.Items.Add("Mobil")
        ComboBox1.Items.Add("Sepeda Motor")
    End Sub
    Public Function hitung() As Integer
        If st = "Baru" Then
            jml = (CInt(TextBox4.Text) / 60) + ((CInt(TextBox4.Text) / 60) * 0.15)
        ElseIf st = "Perpanjangan" Then
            jml = (CInt(TextBox4.Text) / 60) + ((CInt(TextBox4.Text) / 60) * 0.1)
        End If
    End Function

    Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        isicombo()
    End Sub

    Private Sub Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button2.Click
        Application.Exit()
    End Sub

    Private Sub TextBox2_Validating(ByVal sender As Object, ByVal e As System.ComponentModel.CancelEventArgs) Handles TextBox2.Validating
        If TextBox2.Text = "" Then
            ErrorProvider1.SetError(TextBox1, "Data Nama masih Kosong")

        End If
    End Sub

    Private Sub ComboBox1_Validating(ByVal sender As Object, ByVal e As System.ComponentModel.CancelEventArgs) Handles ComboBox1.Validating
        If TextBox1.Text = "" Then
            ErrorProvider1.SetError(TextBox1, "Harap Memilih Jenis Asuransi")

        End If
    End Sub

    Private Sub TextBox4_Validating(ByVal sender As Object, ByVal e As System.ComponentModel.CancelEventArgs) Handles TextBox4.Validating
        If TextBox1.Text = "" Then
            ErrorProvider1.SetError(TextBox1, "Harga Masih Kosong")

        End If

    End Sub

    Private Sub Button1_Validating(ByVal sender As Object, ByVal e As System.ComponentModel.CancelEventArgs) Handles Button1.Validating
        If TextBox1.Text = "" Then
            ErrorProvider1.SetError(TextBox1, "Tidak Boleh Kosong")
        Else
            ErrorProvider1.SetError(TextBox1, "")
        End If
        If IsNumeric(TextBox2.Text) = True Then
            ErrorProvider1.SetError(TextBox2, "Harus Huruf")
        Else
            ErrorProvider1.SetError(TextBox2, "")
        End If
        If IsNumeric(TextBox4.Text) = True Then
            ErrorProvider1.SetError(TextBox4, "Harus Angka")
        Else
            ErrorProvider1.SetError(TextBox4, "")
        End If
        If RadioButton1.Checked = False And RadioButton2.Checked = False Then
            ErrorProvider1.SetError(RadioButton1, "Harus pilih salah satu")
        Else
            ErrorProvider1.SetError(RadioButton1, "")
        End If
    End Sub
End Class

Tuesday 18 October 2011

Tahun Perakitan dan Alokasi CC204

CC204 Menurut Tahun Perakitan / Modifikasi / Keluaran dari INKA

ID LokoNomor AlayAlokasiTahun Rakitan
CC20401(CC2040301)Dipo Induk JNG2003
CC20402(CC2040302)Dipo Induk JNG2003
CC20403(CC2040303)Dipo Induk YK2003
CC20404(CC2040304)Dipo Induk YK2003
CC20405(CC2040305)Dipo Induk YK2003
CC20406(CC2040306)Dipo Induk YK2003
CC20407(CC2040307)Dipo Induk SDT2003
CC20408(CC2040801)Dipo Induk YK2008
CC20409(CC2040802)Dipo Induk YK2008
CC20410(CC2040803)Dipo Induk BD2008
CC20411(CC2040804)Dipo Induk PWT2008
CC20412(CC2040805)Dipo Induk PWT2008
CC20413(CC2040806)Dipo Induk BD2008
CC20414(CC2040807)Dipo Induk BD2008
CC20415(CC2040808)Dipo Induk BD2008
CC20416(CC2040809)Dipo Induk BD2008
CC20417(CC2040810)Dipo Induk BD2008
CC20418(CC2041001)Dipo Induk SDT2010
CC20419(CC2041002)Dipo Induk SDT2010
CC20420(CC2041003)Dipo Induk SDT2010
CC20421(CC2041101)Dipo Induk JNG2011
CC20422(CC2041102)Dipo Induk BD2011
CC20423(CC2041103)Dipo Induk SDT2011
CC20424(CC2041104)Dipo Induk SDT2011
CC20425(CC2041105)Dipo Induk SDT2011
CC20426(CC2041106)Dipo Induk SDT2011
CC20427(CC2041107)Dipo Induk PWT2011
CC20428(CC2041108)Dipo Induk TNK2011
CC20429(CC2041109)Dipo Induk TNK2011
CC20430(CC2041110)Dipo Induk TNK2011
CC20431(CC2041111)Dipo Induk TNK2011
CC20432(CC2041112)Dipo Induk TNK2011
CC20433(CC2041113)Dipo Induk TNK2011
CC20434(CC2041114)Dipo Induk TNK2011
CC20435(CC2041115)Dipo Induk SDT2011
CC20436(CC2041116)Dipo Induk CN2011
CC20437(CC2041117)Dipo Induk SDT2011
CC20438(CC2041118)Dipo Induk
CC20439(CC2041119)Dipo Induk
CC20440(CC2041120)Dipo Induk
CC20441(CC2041121)Dipo Induk
Keterangan:
- CC20401 modifikasi dari CC20103
- CC20402 modifikasi dari CC20111
- CC20403 modifikasi dari CC20116
- CC20404 modifikasi dari CC20137
- CC20405 modifikasi dari CC20132
- CC20406 modifikasi dari CC20106
- CC20407 modifikasi dari CC20112


Update per tanggal 17 Agustus 2012

Tahun Perakitan dan Alokasi CC203

CC203 menurut tahun perakitan/pembuatan



ID LokoNomor AlayAlokasiTahun Rakitan
CC20301(CC2039501)Dipo Induk YK1995
CC20302(CC2039502)Dipo Induk BD1995
CC20303(CC2039503)Dipo Induk BD1995
CC20304(CC2039504)Dipo Induk BD1995
CC20305(CC2039505)Dipo Induk BD1995
CC20306(CC2039506)Dipo Induk BD1995
CC20307(CC2039507)Dipo Induk BD1995
CC20308(CC2039508)Dipo Induk BD1995
CC20309(CC2039509)Dipo Induk BD1995
CC20310(CC2039510)Dipo Induk BD1995
CC20311(CC2039511)Dipo Induk BD1995
CC20312(CC2039512)Dipo Induk JNG1995
CC20313(CC2039801)Dipo Induk JNG1998
CC20314(CC2039802)Dipo Induk YK1998
CC20315(CC2039803)Dipo Induk JNG1998
CC20316(CC2039804)Dipo Induk YK1998
CC20317(CC2039805)Dipo Induk JNG1998
CC20318(CC2039806)Dipo Induk JNG1998
CC20319(CC2039807)Dipo Induk JNG1998
CC20320(CC2039808)Dipo Induk JNG1998
CC20321(CC2039809)Dipo Induk JNG1998
CC20322(CC2039810)Dipo Induk JNG1998
CC20323(CC2039811)Dipo Induk JNG1998
CC20324(CC2039812)Dipo Induk JNG1998
CC20325(CC2039813)Dipo Induk JNG1998
CC20326(CC2039814)Dipo Induk JNG1998
CC20327(CC2039815)Dipo Induk JNG1998
CC20328(CC2039816)Dipo Induk SMC1998
CC20329(CC2039817)Dipo Induk SMC1998
CC20330(CC2039818)Dipo Induk SMC1998
CC20331(CC2039819)Dipo Induk TEL1998
CC20332(CC2039820)Dipo Induk TEL1998
CC20333(CC2039821)Dipo Induk TEL1998
CC20334(CC2039822)Dipo Induk TEL1998
CC20335(CC2039823)Dipo Induk JNG1998
CC20336(CC2039824)Dipo Induk JNG1998
CC20337(CC2039825)Dipo Induk SDT1998
CC20338(CC2030201)Dipo Induk SDT2002
CC20339(CC2030202)Dipo Induk SDT2002
CC20340(CC2030203)Dipo Induk SDT2002
CC20341(CC2030204)Dipo Induk SMC2002

Keterangan:
CC20331 hingga 34 dibeli khusus oleh perusahaan pabrik bubur kertas PT Tanjung Enim Lestari (PT TEL), namun operasional tetap dijalankan oleh PT KAI dengan biaya operasional PT TEL sendiri.

Update per tanggal 17 Agustus 2012

Wednesday 12 October 2011

Mesin GE-7FDL



Di Indonesia tercinta ini, railfans mana yang tidak kenal dengan lokomotif tipe CC201, CC203, CC204?? Sudah tentu hampir semua railfans mengenalnya. CC201 dengan performanya yang bandel, awet, karena telah berdinas sejak tahun 1977 (untuk Batch 1), CC203 yang dengan daya mesinnya yang kuat dan prima, CC204 si loko tercanggih yang dimiliki oleh PT KAI sekarang ini yang telah dilengkapi dengan micro-komputer didalamnya. Ketiga lokomotif tersebut hebat dan tangguh disegala medan, karena kesemuanya dilengkapi mesin yang berasal dari 1 generasi yang sama, generasi mesin paling modern dan paling diunggulkan oleh pabrik pembuatnya, General Electric Corp. USA., generasi mesin 7FDL. Dan ketiga tipe lokomotif PT KAI tersebut menggunakan tipe mesin GE-7FDL8. Mari kita mengenal lebih lengkap dari beberapa tipe mesin yang dimiliki oleh GE.

7FDL8
Jumlah silinder________________________________ 8
Putaran langkah_______________________________ 4
Posisi silinder_________________________________ 45-Degree V
Bore________________________________________ 228.6 mm (9 in)
Stroke_______________________________________ 266.7 mm (10.5 in)
Rasio kompresi________________________________ 15.7 to 1
Daya keluaran pada putaran 1050 RPM
Berkesinambung______________________________ 1525 kw (2045 bhp)
Maksimum__________________________________ 1678 kw (2250 bhp)
Dimensi/berat
Tinggi (dengan Exhaust Stack)___________________ 2.87 m (113 in)
Panjang______________________________________ 3.26 m (128.5 in)
Lebar_______________________________________ 1.74 m (68.5 in)
Berat (kering)_________________________________ 12,247 kg (27,000 lbs)

7FDL12
Jumlah silinder________________________________ 12
Putaran langkah_______________________________ 4
Posisi silinder_________________________________ 45-Degree V
Bore________________________________________ 228.6 mm (9 in)
Stroke_______________________________________ 266.7 mm (10.5 in)
Rasio kompresi________________________________ 15.7 to 1
Daya keluaran pada putaran 1050 RPM
Berkesinambung_______________________________ 2290 kw (3070 bhp)
Maksimum___________________________________ 2515 kw (3375 bhp)
Dimensi/berat
Tinggi (dengan Exhaust Stack)____________________ 2.98 m (117 in)
Panjang______________________________________ 3.97 m (156.5 in)
Lebar________________________________________ 1.74 m (68.5 in)
Berat (kering)_________________________________ 15,849 kg (34,940 lbs)

Mesin GE-7FDL16

7FDL16
Jumlah silinder________________________________ 16
Putaran langkah_______________________________ 4
Posisi silinder_________________________________ 45-Degree
Bore________________________________________ 228.6 mm (9 in)
Stroke_______________________________________ 266.7 mm (10.5 in)
Rasio kompresi________________________________ 15.7 to 1
Daya keluaran pada putaran 1050 RPM
Berkesinambung_______________________________ 3060 kw (4100 bhp)
Maksimum___________________________________ 3355 kw (4500 bhp)
Dimensi/berat
Tinggi (dengan Exhaust Stack)____________________ 2.98 m (117 in)
Panjang______________________________________ 4.90 m (193 in)
Lebar________________________________________ 1.74 m (68.5 in)
Berat (kering)_________________________________ 19,736 kg (43,510 lbs)

Monday 3 October 2011

CC203

CC20324 salah satu loko yang pernah diandalkan
untuk dinasan KLB RI-1

CC203 merupakan lokomotif pengembangan dari seri CC201. Pada dasarnya CC203 memiliki basis yang sama dengan CC201, hanya saja CC203 memiliki kabin yang lebih luas, daya yang lebih besar, shorthood aerodinamis, dan memiliki sistem Multiple Unit yang terpasang sejak pertama kali dibuat di pabriknya, General Electric, USA. Tidak cukup hanya fungsi MU, di CC203 juga terdapat fasilitas AC. Sangat disayangkan, sekarang kesemua loko CC203 sistem Multiple Unitnya telah tidak berfungsi alias telah dimatikan, berawal dari ketidaksengajaan karena PLH dan karena "malas" diperbaiki, akhirnya fungsi MU pada keseluruhan CC203, khususnya di Pulau Jawa, tidak bisa digunakan lagi. AC-nya juga sengaja dilepas dengan dalih membuat masinis mengantuk ketika berdinas.

GE U20C (CC20342 jika terdapat di Indonesia)
milik perusahaan KA di Thailand, yang sekarang
telah menjadi perusahaan KA di Australia
Pengadaan CC203 pertama tahun 1995, CC203 dibuat langsung dipabriknya di Amerika, namun di tahun-tahun selanjutnya hanya didatangkan komponen pentingnya saja, seperti mesin, generator, dan sisa komponen lain seperti rangka, bogi, dan bodi dibuat oleh PT INKA Madiun. Keberadaan CC203 di Indonesia ada 41 unit dengan pembagian 37 unit di Pulau Jawa dan 4 unit di Pulau Sumatra yang merupakan lokomotif milik perusahaan non-jasa, PT Tanjung Enim Lestari (PT TEL), khusus untuk menarik rangkaian Pulp atau bahan baku kertas, namun prasarana dan operasionalnya tetap dari PT Kereta Api Indonesia (persero). Thailand pernah memesan 1 lokomotif model GE U20C yang sejenis dengan CC203 untuk lokomotif langsir di pelabuhan. Namun tidak lama lokomotif itu dilego dan akhirnya dibeli oleh perusahaan KA di Australia.


Spesifikasi teknis CC203

Identitas Produksi
Kode model loko___: GE U20C
Desain angkutan___: universal (barang dan penumpang)
Dimensi
Lebar sepur_______: 1067 mm
Panjang bodi______: 14135 mm
Jarak coupler_____: 15214 mm
Lebar bodi_______: 2642 mm
Tinggi bodi_______: 3637 mm
Jarak gandar______: 3505 mm
Jarak pivot_______: 7680 mm
Diameter roda traksi: 914 mm
Diameter roda idle__: - mm
Tinggi coupler_____: 775 mm
Berat kosong______: 78 ton
Berat siap________: 84 ton
Berat Adhesi______: 84 ton
Mesin dan converter
Tipe mesin________: GE 7FDL8
Jenis____________: 4 tak, turbocharge 2 phase
Daya output_______: 2250 hp
Daya ke converter__: 2100 hp
Jumlah traksi motor_: 6
Tipe traksi motor___: 5 GE 761 A9
Rasio roda gigi_____: 90:21
Tipe converter_____: GE 5 GT 581
Kemampuan
Kecepatan maksimum: 120 kmh
Adhesi maksimum___:14500 Kgf
Kecepatan kontinu__: 24 kmh
Radius terkecil_____: 56,7 m
Kapasitas
Bahan bakar______: 3028 lt, HSD
Pelumas mesin____: 984 lt
Radiator_________: 681 lt
Pasir____________: 510 lt
Sistem rem
Tipe sistem rem___: udara tekan, dinamik, parkir
Tipe kompresor___: WBO, Gardner Denver


Referensi: "LOKOMOTIF DAN KERETA REL DIESEL DI INDONESIA edisi 2 (Ir. Hartono AS, MM)"