Thursday 12 June 2014

PLH Mutiara Timur vs Truk Fuso

TKP

Mutiara Timur
Aku tak menyangka, padahal setengah jam sebelumnya ku melintas disana ketika ku dalam perjalanan pulang dari Sidoarjo. PJL 25 'khongguan' Jemursari, tadi malam kembali menjadi saksi petaka bagi kereta api. Nasib naas menimpa KA Mutiara Timur nomor 87 dengan lokomotif CC20340, Rabu malam, 11 Juni 2014, tak sengaja menabrak badan truk fuso yang mogok sebelum habis melintasi jalan rel. Kecelakaan ini mengakibatkan hancurnya truk fuso, dan sebuah motor fukuda ringsek ringan.


Anjlok

Saat itu sekitar pukul 22.10 ku tengah asyik main game online rail-nation.com, baru saja mulai main ada telpon dari temen yang mengabarkan ada kecelakaan kereta di Jemursari. Langsung saja aku matikan laptop dan berangkat ke Jemursari. Sampai disana, aku kaget ternyata yang celaka adalah KA Mutiara Timur tujuan Banyuwangi. Dari jauh nampak lokomotif sudah masuk dekat parkir shelter Jemursari. Ternyata, lokomotifnya CC20340 anjlok 3 gandar posisi SH dan gerbong B nya juga anjlok 2 gandar yang depan. Langsung aja nih ku dekatin loko dan mulai dokumentasiin TKP. Miris liat muka CC20340nya, cowchatchernya rompal, lampu bawah hancur, tralis lepas dan perangkat semboyan segitiga ijo-merah compang-camping. Di bagian lain, abar rem loko hancur 1 silinder dan lis tangganya juga penyok. Gerbong B nya mengalami remuk di sudut gerbong, sedangkan kereta penumpangnya mengalami baret di samping badan, karena setelah tertabrak, truk tersangkut di jembatan kali kecil 1 meter dari\jalan, sehingga menggores badan kereta yang belum sepenuhnya berhenti.
Bagasi BW

Naas
Dari beberapa informasi yang saya baca dari beberapa media, disampaikan kronologi kecelakaan karena truk fuso kosong yang belum habis melintas rel mendadak mogok di tengah perlintasan. Saat mogok, sopirnya berinisiatif mencari pertolongan untuk mendorong truk menepi. Saat massa datang untuk membantu mendorong, belum sempat menepi tiba-tiba sirine PJL berbunyi, tanda KA Mutiara Timur tujuan Banyuwangi akan melintas. Karena truknya gagal dievakuasi, warga yang berduyun-duyun membantu mendorong tadi langsung semburat menyelamatkan diri. Petugas PJL juga berinisiatif memberikan tanda ke KA berupa lampu senter merah, namun gagal karena sudah terlalu dekat. Akhirnya tabrakan tak terhindarkan. Seketika setelah benturan, truk tersangkut di jembatan kecil KA di samping jalan itu pada bagian kabin sopir, menyebabkan lok sedikit terhempas dan anjlok 3 gandar, sedangkan gerbong B bagasinya juga terkena kabin truk yang tersangkut tadi sehingga ikut anjlok 2 gandar.
CC20340

Anjlok

Anjlok

Tidak hanya truk fuso saja yang terhempas, tetapi juga mengenai motor roda 3 fukuda dan sebuah sepeda motor. Tidak ada korban jiwa, namun ada 1 korban luka, yaitu seorang anak kecil yang berada diatas motor fukuda yang sedang menepi didekatnya, karena sebelum kejadian ayah si anak juga ikut membantu mendorong truk yang tertabrak kereta.
Rompal

Remuk


Evakuasi berlangsung cepat untuk menyingkirkan rongsokan truk dan disingkirkan ke pos polisi di dekat persimpangan jalan. Untuk mengevakuasi truk, dikerahkan 1 mobil derek, 1 mobil forklift, dan 1 truk damkar yang dilengkapi crane kecil. Banyaknya warga yang melihat dari dekat memang sedikit menyulitkan proses, apalagi TKP berada di jalan Ahmad Yani Surabaya yang masih sangat ramai lalu lintasnya meskipun sudah larut malam. Setelah badan truk terangkat dari kali, rangkaian KA Mutiara Timur ditarik menuju Wonokromo dengan lokomotif cadangan, sebelumnya dilepas dahulu gerbong B yang anjlok tadi. Setelah rangkaian dievakuasi dan langsir di stasiun Wonokromo, KA melanjutkan perjalanan melalui lintas Wonokromo hingga stasiun Tarik, setelah itu di stasiun Tarik dilangsir kembali dan melanjutkan perjalanan menuju stasiun Sidoarjo via stasiun Tulangan.

Ini benar-benar moment bagi para pecinta kereta api! Bagaimana tidak, jalur reaktivasi yang belum resmi dioperasikan dan baru 1 hari diuji coba lintasnya menggunakan KLB, malam tadi langsung dipakai pertama kali oleh Mutiara Timur nomor 87 dengan pengawalan ketat dari pengawas jalur. Karena jalur ini lama tidak ada kereta api yang melintas, dikhawatirkan masyarakat sekitar jalur Tarik-Tulangan-Sidoarjo tidak mengetahui kehadiran KA, apalagi kasus pencurian penambat rel yang terjadi beberapa waktu yang lalu, yang membuat resah petugas KA. Jadi KA harus benar-benar dikawal. Setelah sampai di Sidoarjo, KA dilangsir lagi dan melanjutkan perjalanan menuju Banyuwangi. Tiada pecinta kereta api yang mendapatkan moment ini, karena perjalanan KA ini sangat amat mendadak dan malam hari, jadi kemungkinan besar tidak ada yang hunting.

Evakuasi lokomotif dan gerbong B dilaksanakan setelah lokomotif dan gerbong penolong didatangkan dari Sidotopo, membawa peralatan dongkrak darurat untuk mengangkat lokomotif dan gerbong secara bergantian agar bisa ditempatkan kembali keatas rel. Beberapa bantalan rel pecah kecil karena tertimpa roda yang anjlok, penambat rel yang rusak juga diganti penambat baru dan dibenahi 'pangkon'nya yang bengkok. Namun ada beberapa 'pangkon' penambat yang hancur sehingga perlu ada penggantian bantalan rel. Saya dan 2 orang teman saya yang berada di lokasi dari awal evakuasi hingga selesai di pagi hari, tak terlalu menjemukkan karena tempat anjloknya lokomotif dan gerbong dekat PKL warung kopi. Sekitar pukul 05.00, evakuasi telah selesai, gerbong B dan lokomotif ditarik bersama-sama gerbong penolong menuju ke Dipo Sidotopo. Sementara pekerja yang lain, terutama juru jalan rel masih bekerja untuk membenahi jalur dan jembatan agar bisa kembali dilewati KA dengan aman, meskipun masih dengan kecepatan terbatas.

Untuk KA apa saja yang pertama lewat, aku kurang tau apakah KA Probowangi tetap ke Stasiun Gubeng dulu dari stasiun Waru atau sudah berangkat lagi menuju Probolinggo. Untuk KA Mutiara Timur 88 juga aku kurang tahu, apakah dilewatkan juga via Tulangan-Tarik atau menunggu evakuasi selesai. Begitu kereta berangkat, aku dan 2 temanku langsung pulang.

Naas

Remuk anjlok

Anjlok semua

Kopler copot

Remuk

Kopler copot

Pra evakuasi

Truk hancur

Truk hancur

Truk hancur

Diangkat forklift

Ndlesep

NR bongkar peralatan

NR evakuasi

NR evakuasi

NR evakuasi

Lukas team

Persiapan langsir ke WO

1 comment:

  1. Dayu Mas Tour | Tour & Travel |

    Kami melayai :
    1. Tour Gunung Kidul - Jogja
    2. Tour Bali
    3. Tour Karimunjawa
    4. Tour Banyuwangi
    5. Tour Bromo dan Malang
    6. Paket Tour kusus Instansi / Sekolah / Kampus
    7. Tour Adventures ( rafting, hiking & senorkling )
    8. Persewaan ( Efl short / long, HiAce dan Bus Pariwisata )
    9. Pemesanan tiket pesawat.

    **
    - Konsultasi perjalanan gratis.
    - Hadiah menarik bagi yang sudah merekomendasikan kami.
    - Tentukan wisata sesuai degan buget.
    - Tidak ada jumlah minimal peserta.


    Hubungi kami di :
    Tlp. 081235618281
    Pin. 54E0B852
    P. Sidokare Asri QQ.2 - Sidoarjo
    www.dayumastour.com

    Jam Oprasional :
    SENIN S/D JUM'AT : 08.00 S/D 17.00
    SABTU : 08.00 S/D 14.00
    MINGGU / HARI BESAR : TUTUP / LIBUR

    ReplyDelete

Ada pertanyaan, keluhan, sanggahan, kritik, atau pesan-pesan lainnya, tinggalkan komentar Anda dibawah ini. Terima kasih