Beberapa tahun terakhir banyak prestasi yang sudah ditorehkan dalam bidang operasional kereta api Indonesia, prestasi-prestasi itu ditampilkan dalam bentuk layanan maupun kuantitas operasional kereta api. Rute terjauh merupakan salah satu prestasi operasional kereta api Indonesia yang telah mendapatkan penghargaan dari MURI pada KA angkutan semen relasi Nambo-Banyuwangi. Satu prestasi lainnya adalah tentang jumlah rangkaian kereta api terbanyak. Kereta api Indonesia saat ini terbagi dalam 2 pulau besar, yaitu di Jawa dan Sumatera.
KA Angkutan Semen Nambo-Kalimas (kosongan) saat melintas beberapa detik setelah KA 10222 Kertajaya Ekstra Rangkaian Panjang melintas dan berpapasan di Benowo |
Pada hari Jumat, 4 Desember 2015, PT KAI secara resmi menjalankan KA Kertajaya Ekstra yang berjalan secara fakultatif setiap hari Jumat berangkat pukul 22.00 dari Pasar Senen tiba hari Sabtu pukul 10.25, dan hari Minggu berangkat dari Surabaya Pasar Turi pukul 22.00 tiba hari Senin pukul 09.00. Pada perjalanan perdananya KA Kertajaya Ekstra ini didalangi oleh lokomotif CC206 batch 2 terbaru bernomor CC206 15 05 atau CC206 105 dan memiliki jumlah rangkaian mencapai 16 kereta yang terdiri dari 14 kereta K3, 1 kereta KMP3, dan 1 kereta MP2. Uniknya semua kereta tersebut merupakan percampuran dari beberapa dipo kereta yang ada di Jawa, seperti dipo kereta Malang (ML), Yogyakarta (YK), Semarang Poncol (SMC), Bandung (BD), Kutoarjo (KTA), dan Purwokerto (PWT). Semua kereta yang dirangkaikan tersebut merupakan unit kereta daerah yang memiliki rute tetap menuju Jakarta.
KA 10222 Kertajaya Rangkaian Panjang dengan lokomotif CC206 15 05 (105) |
16 kereta dalam 1 rangkaian |
No comments:
Post a Comment
Ada pertanyaan, keluhan, sanggahan, kritik, atau pesan-pesan lainnya, tinggalkan komentar Anda dibawah ini. Terima kasih