Friday, 13 July 2012

BB 302

BB30302, salah satu loko yang memiliki kesamaan desain
dengan BB302 dan BB306
BB302 adalah lokomotif generasi ketiga diesel-hidrolik di keluarga lokomotif tipe 'BB' yang pertama kali dibeli PJKA dari perusahaan Henshell, Jerman. Tidak banyak lokomotif BB302 yang dibeli oleh PJKA, hanya 6 unit yang diproduksi dan mulai didinaskan pada tahun 1970.

Di badan lokomotif BB302 terpasang mesin Maybach Mercedes Benz yang sanggup mengeluarkan tenaga hingga 990 hp. Loko dengan berat 44 ton ini hanya ada di lintas jalan rel Medan, Sumatera Utara.

Spesifikasi teknis BB302

Identitas Produksi
Kode model loko___: Ldh1500BB
Desain angkutan___: universal (barang dan penumpang)
Dimensi
Lebar sepur_______: 1067 mm
Panjang bodi______: 11200 mm
Jarak coupler_____: 12810 mm
Lebar bodi_______: 2800 mm
Tinggi bodi_______: 3690 mm
Jarak gandar______: 2200 mm
Jarak pivot_______: 5800 mm
Diameter roda traksi: 904 mm
Diameter roda idle__: - mm
Tinggi coupler_____: 770 mm
Berat kosong______: 40,9 ton
Berat siap________: 44 ton
Berat Adhesi______: 44 ton
Mesin dan converter
Tipe mesin________: MB 12 V493 TZ 10
Jenis____________: 4 tak, turbocharger
Daya output_______: 990 hp
Daya ke converter__: 830 hp
Jumlah converter___: 1
Tipe converter_____: Voith L520 rU2
Rasio roda gigi_____: -
Kemampuan
Kecepatan maksimum: 80 kmh
Adhesi maksimum___: 9240 Kgf
Kecepatan kontinu__: 14 kmh
Radius terkecil_____: 80 m
Kapasitas
Bahan bakar______: 1700 lt, HSD
Pelumas mesin____: 110 lt
Pelumas transmisi__: 260 lt
Radiator_________: 800 lt
Pasir____________: 285 lt
Sistem rem
Sistem rem_______: udara tekan, parkir
Tipe kompresor___: Knorr VV 450/150-10




Referensi: "LOKOMOTIF DAN KERETA REL DIESEL DI INDONESIA edisi 2 (Ir. Hartono AS, MM)"

No comments:

Post a Comment

Ada pertanyaan, keluhan, sanggahan, kritik, atau pesan-pesan lainnya, tinggalkan komentar Anda dibawah ini. Terima kasih