Tuesday 21 June 2011

KRDI “ Madiun Jaya Ekspress”

“Dalam rangka meningkatan aksesbilitas angkutan perkeretaapian, pemerintah membuat program-program pengadaan sarana kereta api sebagai upaya penyediaan pelayanan angkutan jarak menengah dengan jarak tempuh 3-4 jam yaitu KA komuter”, itulah sepenggal sambutan yang di sampaikan oleh Dirjen KA, Tundjung Inderawan saat launching KRDI Madiun Jaya Ekspress, Senin (20/6). Launching KRDI Madiun Jaya Ekspress ini dihadiri oleh Wamenhub, Bambang Susantono, Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Bupati Madiun, Assistant Gubernur Jawa Timur, jajaran pejabat MUSPIDA Madiun, Direktur Komersial PT. KAI, Sulistyo Wimbo Hardjito, Direktur Teknik, Judarso Widiyono, dan juga jajaran manajemen PT. KAI Daop 7 Madiun.
 
 KRDI Madiun Jaya Ekspress siap untuk dioperasikan.
 Rombongan Dirjen KA dan Wamenhub tiba di Stasiun Madiun pukul 10.00 WIB dengan menggunakan KLB Inspeksi. Rombongan kemudian menuju ke PT. INKA (persero) untuk melihat persiapan KRDI Madiun Jaya Ekspress. Tepat pukul 12.50 WIB KA Madiun Jaya Ekspress diresmikan. Dalam sambutannya, Wimbo menjelaskan bahwa berdasarkan 4 pilar perusahaan, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan dan kenyamanan para penumpang KA Madiun jaya jurusan Madiun – Yogyakarta PP dengan menambah perjalanan KA baru.
 Wamenhub, Bambang Susantono, Dirjen Perkeretaapian, Tundjung Inderawan, Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Asisten Gubernur Jatim dan Bupati Madiun
bersama-sama menekantombol sirine sebagai tanda diresmikannya KRDI Madiun jaya Ekspres
 Berbekal dari pengalaman PT. KAI Daop 7 Madiun yang sebelumnya berhasil mengoperasikan KA Madiun Jaya Ekonomi, bulan Januari 2010 lalu, menjadi pertimbangan tersendiri bagi para pengguna jasa transportasi, bahwa kereta api akan jauh lebih cepat bila berpergian ke Solo ataupun Yogyakarta. Dari keberhasilan pengoperasian KA Madiun Jaya Ekonomi tersebut maka Daop 7 Madiun kembali menghadirkan KA Madiun Jaya, kali ini dinamakan KA Madiun Jaya Ekspress dengan dilengkapi fasilitas Air Conditioner (AC) dengan tarif selama masa promosi untuk relasi Madiun-Solo Rp. 25.000,- dan Madiun-Yogyakarta Rp. 35.000,-.

 Penekanan tombol sirine menandai diresmikannya KA Madiun Jaya Ekspres oleh Wamenhub, Dirjen Perkeretaapian,Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Asisten Gubernur Jatim, Bupati Madiun, dan Direksi PT. KAI. Wamenhub mengatakan bahwa Kereta Rel Diesel Indonesia (KRDI) ini merupakan sebuah realisasi program pemerintah untuk meningkatan pelayanan masyarakat selain sebagai pendukung transportasi Madiun-Yogyakarta. Ditambahkannya pula bahwa kereta dapat mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan raya dan memiliki tingkat emisi yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan kendaraan umum yang ada di jalan raya.

Harapan yang tersirat dari KA Madiun Jaya ini adalah dengan dijalankan kedua KRDI Madiun Jaya baik ekonomi dan ekspress mampu membantu pemerintah mengurangi kepadatan lalu lintas umum khususnya jurusan Madiun-Solo-Yogyakarta. Selain itu, dengan KRDI Madiun Jaya Ekspress ini PT. KAI mampu membuktikan kembali komitmen perubahan dengan memberikan pelayanan prima dan kenyamanan bagi para penumpang atau pengguna moda angkutan kereta api. (Humaska)

Courtesy: www.kereta-api.co.id

No comments:

Post a Comment

Ada pertanyaan, keluhan, sanggahan, kritik, atau pesan-pesan lainnya, tinggalkan komentar Anda dibawah ini. Terima kasih